Hadits Abu Daud » Kitab Adab


aku telah membantu beliau selama tujuh atau sembilan tahun. Namun aku tidak pernah mendapati beliau mengomentari perbuatanku 'Kenapa kamu lakukan begini dan begini'. Atau sesuatu yang aku tinggalkan; 'Kenapa tidak kamu melakukan begini dan begini! '. . . .

beliau tidak pernah mengatakan 'Ah..! ' Sama sekali kepadaku. Beliau juga tidak pernah mengatakan: Kenapa kamu lakukan ini! atau 'Kenapa tidak kamu lakukan begini! '. . . .

duduk bersama kami membacakan hadits, ketika beliau berdiri kami pun ikut berdiri. hingga kami melihat beliau masuk ke salah satu rumah isterinya. Kemudian beliau membacakan hadits kepada kami di hari yang lain. lalu kami berdiri saat beliau berdiri, lantas kami melihat ke arah seorang Arab badui yang berpapasan dengan beliau. Badui itu menarik selendang beliau hingga lehernya merah. Abu Hurairah berkata, Selendang Nabi tersebut terbuat dari kain yang kasar, beliau lalu menoleh ke belakang. . . .

Sesungguhnya pentunjuk yang baik, ketetapan (dalam agama) yang baik dan kesederhaan adalah satu bagian dari dua puluh lima bagian tanda . . .

Barangsiapa menahan kemarahan padahal ia mampu untuk meluapkannya, maka pada hari kiamat Allah akan memanggilnya di antara manusia, hingga Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari sesuka hatinya. Abu Dawud berkata, Abu Marhum namanya adalah 'Abdurrahman bin Maimun. Telah menceritakan kepada kami Uqbah bin Mukram berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman -maksudnya Abdur Rahman bin Mahdi- dari Bisyr -maksudnya Bisyr bin Manshur- dari Muhammad bin 'Ajlan dari Suwaid bin Wahb dari . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.