Hadits Malik » Kitab Adzan


Rasulullah berkeinginan mengambil dua kayu yang dipukulkan untuk memanggil orang-orang melaksanakan shalat. Abdullah bin Zaid Al Anshari dari Bani Al Harits Al Khazraj bermimpi melihat dua kayu. Lalu ia pun berkata, Sungguh, dua kayu ini persis sebagimana yang diinginkan oleh Rasulullah ! Dikatakan, Apakah kamu tidak mengumandangkan adzan untuk shalat. Setelah bangun ia pun mendatangi Rasulullah , lalu ia menyebutkan apa yang ia lihat dalam mimpinya. Setelah itu Rasulullah memerintahkan . . .

Apabila kalian mendengar adzan, maka ucapkankan seperti yang diucapkan . . .

Jikalau manusia tahu pahala yang ada dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan undian, niscaya mereka akan mengundi. Jika saja mereka tahu pahala bersegera (mendatangi shalat), niscaya mereka akan berlomba-lomba. Jika saja mereka mengetahui apa yang ada pada shalat isya dan shalat subuh, niscaya mereka akan mendatanginya walaupun harus . . .

Apabila shalat telah dimulai, maka jangan mendatanginya dengan berlari. Datangilah shalat dengan tenang. Shalatlah pada rakaat yang kalian dapati. Dan sempurnakan yang kalian tertinggal. Karena salah seorang dari kalian dalam hitungan shalat selama ia munuju . . .

Saya melihatmu menyukai kambing dan padang rumput. Jika kamu berada di antara kambingmu atau padang rumputmu, maka kumandangkan adzan dan keraskanlah suaramu. Karena tidak ada yang mendengar suara muaddzin baik itu jin, manusia ataupun yang lainnya, kecuali mereka akan bersaksi padanya pada Hari Kiamat. Abu Sa'id berkata, Saya mendengarnya dari Rasulullah . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Survey Polling Pendukung Capres dan Cawapres 2019 ?
  Paslon 01 - Jokowi & Maruf Amin
  Paslon 02 - Prabowo & Sandiaga Uno