Hadits Tirmidzi » Kitab Penyusuan


Allah mengharamkan dari jalur persusuan sebagaimana pengharaman jalur nasab. Abu Isa berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari 'Aisyah, Ibnu Abbas dan Ummu Habibah. Dia berkata; Hadits Ali merupakan hadits hasan . . .

Allah telah mengharamkan pada hubungan persusuan sebagaimana pengharaman hubungan anak (nasab). Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits hasan sahih. ini merupakan pendapat para ulama dari kalangan sahabat Nabi dan yang lainnya. Kami tidak mengetahui adanya perbedaan pendapat di antara . . .

Persilahkan dia masuk, karena dia adalah pamanmu.' Aisyah berkata; Yang menyusuiku adalah seorang wanita bukan dia. Beliau menjawab: Dia adalah pamanmu, biarkan dia. Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits hasan sahih. Ini merupakan pendapat para ulama dari kalangan sahabat Nabi dan yang lainnya. Mereka membenci susu fahl, dengan dasar hadits Aisyah tersebut. Sebagian ulama memberi keringanan pada susu fahl, namun pendapat pertama lebih sahih. . . .

Tidak boleh karena air (mani) laki-lakinya satu. Abu Isa berkata; Ini adalah penjelasan susu fahl. Inilah pokok permasalahan pada bab ini. Ini adalah pendapat Ahmad dan . . .

Satu kali atau dua kali hisapan (dalam susuan) tidak menyebabkan menjadi mahram. Abu Isa berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari Umu Al Fadl, Abu Hurairah, Zubair bin Al Awwam dan Ibnu Zubair. Banyak jalur yang meriwayatkan hadits ini. Dari Hisyam bin 'Urwah dari Bapaknya dari Abdullah bin Zubair dari Nabi bersabda: Satu kali atau dua kali hisapan (dalam susuan) tidak menyebabkan menjadi mahram. Muhammad bin Dinar meriwayatkan dari Hisyam bin 'Urwah dari Bapaknya dari Abdullah bin Zubair . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.