Indeks Hadits » Siroh (perjalanan hidup)

Result » 1155 Hadits

beliau melarang kami menghadap kiblat saat buang air besar atau air kecil, beristinja` dengan tangan kanan, dan beristinja` dengan batu kurang dari tiga buah, serta beristinja` dengan menggunakan kotoran binatang atau tulang. Abu Isa berkata; Dalam bab ini juga ada riwayat dari Aisyah, Khuzaimah bin Tsabit, Jabir, Khallad Ibnu As Sa`ib, dari bapaknya. Abu Isa berkata; dalam bab ini hadits Salman derajatnya hasan shahih, ini adalah pendapat kebanyakan ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi . . .

menyela-nyela jenggotnya. Abu Isa berkata; Hadits ini derajatnya hasan shahih. Muhammad bin Isma'il berkata; Hadits yang paling shahih dalam bab ini adalah hadits 'Amir bin Syaqiq, dari Abu Wa`il dari Utsman. Abu Isa berkata; Pendapat ini banyak diambil kebanyakan ahlul ilmi dari para sahabat Nabi dan orang yang sesudah mereka mengatakan demikian. Pendapat ini juga diambil oleh Imam Syafi'i. Imam Ahmad berkata; Jika ia lupa menyela-nyela jenggot, maka itu tidaklah mengapa. Sementara Ishaq . . .

mengusap kepalanya dengan kedua tangannya, beliau memajukan dan mengundurkan keduanya, memulai dengan bagian depan kepalanya kemudian menjalankan keduanya sampai pada bagian tengkuk, setelah itu mengembalikan keduanya sampai kembali pada tempat yang semula, setelah itu mencuci kedua kakinya. Abu Isa berkata; Dalam bab ini ada riwayat dari Mu'awiyah, Al Miqdam bin Ma'di Karib dan Aisyah. Abu Isa berkata; Hadits Abdullah bin Zaid adalah hadits yang paling shahih dan paling baik dalam bab ini. . . .

mengusap kepalanya dua kali; beliau memulainya dari bagian belakang, lalu ke bagian ke depan. Juga kedua telinganya, bagian luar dan dalamnya. Abu Isa berkata; Hadits ini derajatnya hasan, sedangkan hadits riwayat Abdullah bin Zaid lebih shahih dan lebih baik sanadnya dari hadits tersebut. Dan sebagian penduduk Kufah mengamalkan hadits ini, di antaranya adalah Waki' Ibnul . . .

berwudlu, beliau mengusap kepalanya dengan air yang bukan kelebihan kedua tangannya. Abu Isa berkata; Hadits ini derajatnya hasan shahih. Ibnu Lahi'ah meriwayatkan hadits ini dari Habban bin Wasi', dari bapaknya, dari Abdullah bin Zaid, bahwa Nabi berwudlu mengusap kepalanya dengan air yang bukan sisa kedua tangannya. Dan Hadits riwayat 'Amru Ibnul Harits dari Habban lebih shahih, karena diriwayatkan tidak hanya dari satu jalur. Hadits ini dari Abdullah bin Zaid dan selainnya, bahwa Nabi . . .


LOAD MORE


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.