Hadits Ahmad » Kitab Musnad penduduk Bashrah » Bab Hadits Salamah bin Al Muhabbaq Radliyallahu 'anhu


laki-laki menyetubuhi budak perempuan istrinya. Perkara itu lalu diajukan kepada Nabi . Beliau bersabda: Jika ia (budak) menurutinya (tidak ada paksaan), maka ia tetap milik laki-laki tersebut dengan kewajiban memberi mahar seperti kepada isterinya (yang lain). Akan tetapi, jika laki-laki memaksanya, maka budak itu merdeka dan ia wajib memberikan mahar seperti kepada . . .

Nabi meminta minum. Mereka berkata; Wahai Rasulullah, sesungguhnya qirbah itu (terbuat dari kulit) bangkai. Beliau bersabda: Disamaknya ia (kulit tersebut) adalah . . .

hendak meminta air. Di rumahnya terdapat sebuah qirbah (kantong air dari kulit) yang berisikan air. Mereka berkata; Sesungguhnya ia (terbuat dari) bangkai. Lalu beliau bersabda: Di samaknya telah menjadikannya . . .

menyetubuhi budak perempuan istrinya ketika dalam peperangan. Perkara itu lalu diajukan kepada Nabi . Beliau bersabda: Jika laki-laki itu memaksanya, maka budak tersebut merdeka, dan ia wajib memberikan mahar kepada istrinya. Namun jika budak tersebut menurutinya, maka budak tersebut tetap miliknya (laki-laki itu) dengan kewajiban memberi mahar kepada . . .

menyetubuhi budak wanita milik isterinya. Perkara itu lalu diajukan kepada Nabi . Beliau bersabda: Jika laki-laki itu memaksanya, maka ia (budak itu) merdeka dan laki-laki itu wajib memberikan mahar yang semisal kepadanya. Tapi jika budak tersebut menurutinya, maka ia tetap milik laki-laki itu dengan kewajiban memberi mahar semisal kepadanya. Sesekali Isma'il berkata; Pernah seorang lelaki yang sedang mengikuti peperangan... Telah menceritakan kepada kami Hasyim dari Yunus dari Al Hasan dari . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.