Hadits Bukhari » Kitab Adab


Amalan apakah yang paling dicintai Allah? Beliau bersabda: Shalat tepat pada waktunya. Dia bertanya lagi; Kemudian apa? beliau menjawab: Berbakti kepada kedua orang tua. Dia bertanya; Kemudian apa lagi? beliau menjawab: Berjuang di jalan Allah. Abu 'Amru berkata; Dia (Abdullah) telah menceritakan kepadaku semuanya, sekiranya aku menambahkan niscaya dia pun akan menambahkan (amalan) tersebut . . .

siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya? beliau menjawab: Ibumu. Dia bertanya lagi; Kemudian siapa? beliau menjawab: Ibumu. Dia bertanya lagi; kemudian siapa lagi? beliau menjawab: Ibumu. Dia bertanya lagi; Kemudian siapa? dia menjawab: Kemudian ayahmu. Ibnu Syubrumah dan Yahya bin Ayyub berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Zur'ah hadits seperti di . . .

Apakah kamu masih memiliki kedua orang tua? dia menjawab; Ya, masih. Beliau bersabda: Kepada keduanya lah kamu . . .

Sesungguhnya termasuk dari dosa besar adalah seseorang melaknat kedua orang tuanya sendiri, beliau ditanya; Kenapa hal itu bisa terjadi wahai Rasulullah? beliau menjawab: Seseorang mencela (melaknat) ayah orang lain, kemudian orang tersebut membalas mencela ayah dan ibu orang yang . . .

Suatu ketika tiga orang laki-laki sedang berjalan, tiba-tiba hujan turun hingga mereka berlindung ke dalam suatu gua yang terdapat di gunung. Tanpa diduga sebelumnya, ada sebongkah batu besar jatuh menutup mulut goa dan mengurung mereka di dalamnya. Kemudian salah seorang dari mereka berkata kepada temannya yang lain; 'lngat-ingatlah amal shalih yang pernah kalian lakukan hanya karena mengharap ridla Allah semata. Setelah itu, berdoa dan memohonlah pertolongan kepada Allah dengan perantaraan . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.