Hadits Bukhari » Kitab Al-Muzara'ah (pertanian)


Tidaklah seorang muslimpun yang bercocok tanam atau menanam satu tanaman lalu tanaman itu dimakan oleh burung atau menusia atau hewan melainkan itu menjadi shadaqah baginya. Dan berkata, kewpada kami Muslim telah menceritakan kapada saya Aban telah menceritakan kepada kami Qatadah telah menceritakan kepada kami Anas dari Nabi . . .

tidak masuk kerumah suatu kaum kecuali Allah akan memberikan kehinaan padanya. Abu Abdullah Al Bukhariy berkata: Dan nama Abu Umamah adalah Shuday bin . . .

Siapa yang menyentuh anjing berarti sepanjang hari itu dia telah menghapus amalnya sebanyak satu qirath kecuali menyentuh anjing ladang atau anjing jinak. Berkata, Ibnu Sirin dan Abu Shalih dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam: Kecuali anjing untuk mengembalakan kambing atau ladang atau anjing pemburu. Dan berkata, Abu Hazim dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam: Anjing pemburu atau anjing yang jinak. . . .

Siapa yang memelihara anjing yang bukan digunakan untuk menjaga ladang atau mengembalakan ternak berarti sepanjang hari itu dia telah menghapus amalnya sebanyak satu qirath. Aku (as-Sa'ib) bertanya; Apakah benar kamu mendengar ini dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam? Dia menjawab: Ya demi Rabb masjid ini. . . .

(Nanti pada hari qiyamat) orang yang menunggang sapi betina akan diremukkan oleh sapi tersebut seraya berkata; Aku diciptakan bukan untuk ini, tapi aku diciptakan untuk membawajak . Beliau bersabda; Aku beriman tentang kejadian itu, begitu juga Abu Bakar dan 'Umar. Dan akan ada pula seekor serigala yang memakan kambing lalu pengembalanya mengikutinya. Maka serigala berkata kepada penggembala itu: Siapa yang mengawasi kambing itu pada hari berburu ini yang tidak ada yang menjaganya kecuali aku? . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.