Hadits Bukhari » Kitab Jual beli as-Salam


Siapa yang mempraktekkan salaf dalam jual beli buah-buahan hendaklah dilakukannya dengan takaran dan timbangan yang diketahui (pasti) . Telah menceritakan kepada kami Muhammad telah mengabarkan kepada kami Isma'il dari Ibnu Abi Najih seperti redaksi hadits ini: dengan takaran dan timbangan yang diketahui (pasti) . . . .

Siapa yang mempraktekkan salaf dalam jual beli buah-buahan hendaklah dilakukannya dengan takaran dan timbangan yang diketahui (pasti) . Telah menceritakan kepada kami Muhammad telah mengabarkan kepada kami Isma'il dari Ibnu Abi Najih seperti redaksi hadits ini: dengan takaran dan timbangan yang diketahui (pasti) . . .

Kami pernah mempraktekkan salaf di masa Rasulullah , Abu Bakar, 'Umar pada biji gandum, padi, anggur kering (kismis) dan kurma. Aku juga menanyakan hal ini kepada Ibnu Abzaa lalu dia berkata seperti itu pula. . . .

Kami mempraktekkan salaf dengan orang-orang blasteran bangsa Syam pada biji gandum, beras dan kismis dengan takaran yang pasti sampai waktu yang pasti pula. Aku tanyakan: Kepada siapa asalnya diserahkan?. Dia berkata: Kami tidak pernah menanyakan hal ini kepada mereka. Kemudian keduanya mengutus aku untuk menemui 'Abdurrahman bin Abzaa lalu aku tanyakan, maka dia berkata: Para sahabat Nabi mempraktekkan salaf di zaman Nabi dan kami tidak pernah menanyakan kepada mereka apakah mereka memiliki . . .

Nabi telah melarang menjual pohon kurma hingga buahnya layak dimakan dan ditimbang. Berkata, seseorang: Bagaimana caranya ditimbang? Berkata, seseorang yang ada di sebelahnya: Hingga bisa dipelihara (dismpan). Dan berkata, Mu'adz telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari 'Amru berkata, Abu Al Bakhtariy aku mendengar Ibnu 'Abbas Radhiyallahu'anhuma berkata: Nabi melarang hal yang semacam . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.