Hadits Bukhari » Kitab Kurban


Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini ('iedul adha) adalah mengerjakan shalat kemudian pulang dan menyembelih binatang kurban, barangsiapa melakukan hal itu, maka dia telah bertindak sesuai dengan sunnah kita, dan barangsiapa menyembelih biantang kurban sebelum (shalat ied), maka sesembelihannya itu hanya berupa daging yang ia berikan kepada keluarganya, tidak ada hubungannya dengan ibadah kurban sedikitpun. Lalu Abu Burdah bin Niyar berdiri seraya berkata; Sesungguhnya aku . . .

Barangsiapa menyembelih (binatang kurban) sebelum shalat (ied), maka ia menyembelih untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa menyembelih setelah shalat (ied), maka ibadah kurbannya telah sempurna dan bertindak sesuai dengan sunnah kaum . . .

Berkurbanlah . . .

Kenapa, apakah kamu sedang haidh? Aisyah menjawab; Ya. Beliau bersabda: Sesungguhnya hal ini telah di tetapkan Allah atas wanita-wanita anak Adam, lakukanlah apa yang biasa di kerjakan dalam berhaji, namun kamu jangan thawaf di Ka'bah. Ketika kami sampai di Mina, aku di beri daging sapi, lantas tanyaku; Daging apakah ini? para sahabat menjawab; Rasulullah menyembelih binatang kurban berupa sapi untuk para . . .

Barangsiapa menyembelih binatang kurban sebelum shalat (ied), hendaknya ia mengulangi lagi. Lalu ada seorang laki-laki yang berdiri sambil bertanya; Wahai Rasulullah, Sesungguhnya hari ini adalah hari di bagi-bagikannya daging kurban, -lalu ia menyebutkan sebagian para tetangganya- sementara aku hanya memiliki jad'ah (anak kambing yang berusia dua tahun) yang lebih banyak dagingnya daripada dua ekor kambing biasa. Maka beliau memberi keringanan kepadanya untuk berkurban dengan kambing tersebut, . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.