Hadits Bukhari » Kitab Penyembelihan dan perburuan


Kitab » Penyembelihan dan perburuan

Hadits Bukhari No.5053 | Membaca basmalah saat berburu

Apa yang ditangkap untukmu maka makanlah, sebab gigitan anjing adalah sebagai sembelihannya. Jika engkau dapati anjing lain bersama dengan anjingmu, dan engkau kawatir ia ikut andil hingga buruannya mati, maka janganlah kamu makan. Sebab engkau hanya menyebutkan nama Allah pada anjingmu (saat melepasnya) dan bukan pada anjing yang . . .

Kitab » Penyembelihan dan perburuan

Hadits Bukhari No.5054 | Buruan yang terkena batang tombak

Jika yang mengenai adalah bagian tajamnya maka makanlah, namun jika yang mengenai adalah pada bagian (sisi) tumpulnya maka itu adalah Waqidz (hewan yang dibunuh bukan dengan senjata tajam), maka janganlah kamu makan. Aku bertanya lagi, Aku telah melepas anjingku! Beliau menjawab: Jika kamu melepasnya dengan menyebut nama Allah, maka makanlah. Aku bertanya lagi, Bagaimana jika ia memakannya? Beliau menjawab: Jangan kamu makan, sebab ia menangkap bukan untuk kamu, ia menangkap hanya untuk . . .

Makanlah apa yang dia tangkap untuk kamu. Aku bertanya, Bagaimana jika ia membunuhnya. Beliau menjawab: Meskipun ia membunuhnya. Aku bertanya lagi, Kami juga melempar (memanah/menombak) dengan mi'radl? Beliau menjawab: Makanlah apa yang terkoyak, adapun yang terkena pada bagian tumpulnya maka janganlah kamu . . .

Kitab » Penyembelihan dan perburuan

Hadits Bukhari No.5056 | Berburu dengan menggunakan panah

Berkenaan dengan ahli kitab sebagaimana yang kamu sebutkan, jika kamu bisa mendapatkan bejana yang lain maka jangan kamu gunakan bejana mereka. Namun jika kamu tidak mendapatkan yang lainnya, maka cuci dan makanlah dengannya. Buruan yang kamu dapat dengan tombakmu, setelah menyebut nama Allah, maka makanlah, buruan yang didapat oleh anjingmu yang terlatih, setelah menyebut nama Allah saat melepasnya maka makanlah, dan buruan yang didapat oleh anjingmu yang tidak terlatih, jika kamu sempat . . .

Sesungguhnya ia tidak bisa digunakan untuk memburu buruan dan tidak bisa untuk melukai (membunuh) musuh, ia hanya meremukkan tulang dan memecahkan mata. Setelah itu ia kembali melihat lelaki tersebut melempar batu dengan menggunakan ketapel, maka ia pun berkata, Aku sampaikan kepadamu hadits Rasulullah , bahwa beliau melarang, atau membeci ketapel namun kamu tetap melakukannya, sungguh aku tidak akan berbicara denganmu begini dan . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.