Hadits Bukhari » Kitab Peperangan


Sembilan belas kali. Lalu ditanyakan lagi; Berapa kali kamu menyertai beliau berperang?. Dia menjawab; Tujuh belas kali. Aku bertanya; Di antara perang-perang itu, mana yang pertama terjadi?. Dia menjawab; Perang al-'Usairah atau al-'Usyairah. Kemudian aku tanyakan kepada Qatadah, maka dia menjawab; Perang . . .

sesungguhnya mereka (kaum Muslimin) akan memerangi kamu. Umayyah bertanya; Di Makkah?. Sa'ad menjawab; Aku tidak tahu. Hal ini membuat Umayyah sangat kaget. Ketika dia pulang kepada keluarganya, dia berkata; Wahai Ummu Shafwan, tahukan kamu apa yang dikatakan Sa'ad kepadaku?. Istrinya bertanya; Apa yang telah dikatakannya kepadamu?. Umayyah berkata; Dia mengaku bahwa Muhammad telah mengabarkan kepada mereka bahwa mereka akan membunuhku. Aku bertanya kepadanya; Apakah di Makkah?. Dia menjawab; . . .

Aku tidak pernah menghindar dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam dalam peperangan yang beliau lakukan melainkan pada perang Tabuk. Adapun aku tidak ikut pada perang Badar karena memang tidak ada satupun orang yang dicela disebabkan menghindar darinya. Sebab tidaklah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam keluar melainkan hendak menghadang rombongan dagang kafir Quraisy hingga akhirnya Allah mempertemukan mereka dengan musuh mereka tanpa ada kesepakatan (keinginan untuk . . .

Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam datang (pada perang Badar) dan memohonkan kebinasaan bagi orang-orang musyrik, al Miqdad berkata; Kami tidak akan mengatakan seperti yang dikatakan kaumnya Musa: Pergilah kamu dan Rabbmu untuk berperang... (QS al Maidah ayat). Akan tetapi kami akan berperang dari samping kananmu, samping kirimu, di hadapanmu dan di belakangmu. Maka aku melihat Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam wajahnya berseri-seri, yaitu karena ucapan al Miqdad . . .

Ya Allah, aku meminta jaminan dan janji-Mu. Ya Allah, jika Engkau mau Engkau tidak akan diibadahi. Maka Abu Bakr memegang (pundak) beliau seraya berkata; Cukuplah. Maka beliau keluar lalu bersabda (membaca ayat): Golongan itu pasti akan dikalahkan dan akan mundur ke belakang. (QS al-Qamar ayat . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.