Hadits Muslim » Kitab Haji » Bab Permpuan yang lemah berangkat lebih dahulu dari Muzdalifah


Saudah pernah meminta izin kepada Rasulullah di malam Muzdalifah untuk berangkat mendahului beliau dan rombongan orang banyak -Saudah adalah seorang wanita gemuk yang lamban-. Aisyah berkata; Maka Rasulullah pun mengizinkannya, lalu Saudah berangkat mendahului keberangkatan Rasulullah . Lalu kami berangkat bersama Rasulullah . Seandainya aku meminta izin kepada beliau sebagaimana Saudah, lalu aku berangkat dengan izin beliau, adalah lebih aku senangi daripada aku berangkat bersama . . .

Saudah adalah seorang wanita yang gemuk lagi lamban. Maka ia pun meminta izin kepada Rasulullah untuk berangkat lebih awal dari Jam' di malam hari, maka beliau pun mengizinkannya. Maka Aisyah pun berkata, Sekiranya aku meminta izin kepada Rasulullah sebagaimana Saudah. Saat itu, Aisyah tidak berangkat kecuali bersama Imam (Rasulullah . . .

Aku ingin pula minta izin kepada Rasulullah seperti halnya Saudah minta izin kepadsa beliau, supaya aku bisa shalat Shubuh di Mina, lalu melontar Jumrah sebelum orang banyak datang. Lalu Aisyah pun ditanya, Apakah Saudah pernah meminta izin seperti itu kepada Rasulullah ? Aisyah menjawab, Ya, pernah. Karena Saudah adalah seorang wanita gemuk yang menyebabkan gerakannya lamban. Lalu dia minta izin kepada Rasulullah , maka diizinkan oleh beliau. Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin . . .

mengizinkan para wanita untuk berangkat lebih awal. Dan telah menceritakannya kepadaku Ali bin Khasyram telah mengabarkan kepada kami Isa bin Yunus dari Ibnu Juraij dengan isnad ini. Dan di dalam riwayatnya ia menyebutkan; Asma` berkata; Tidak, wahai anakku, sesungguhnya Nabi telah mengizinkan para isteri-isterinya (untuk berangkat lebih . . .

Nabi pernah mengutusnya dari Jam' pada malam . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.