Hadits Muslim » Kitab Li'an

NoJudul BabBab Arab
1 Bab باب

Hadits Muslim » Kitab Li'an


Telah turun ayat mengenai dirimu dan istrimu, maka bawalah istrimu kemari! Sahal berkata; Kemudian 'Uwaimir dan istrinya melontarkan li'an (saling mela'nat). Setelah keduanya selesai melontarkan li'an, maka 'Uwaimir berkata; Wahai Rasulullah, jika saya tetap memperistrinya, berarti saya berdusta. Kemudian dia metalaknya dengan talak tiga, sebelum dirinya diperintahkan oleh Rasulullah . Ibnu Syihab berkata; Seperti itulah cara penyelesaian antara suami istri yang saling melaknat. Telah . . .

Bagaimana pendapatmu jika ada suami istri yang saling meli'an, apakah keduanya harus dipisahkan? Kemudian dia menyebutkan seperti haditsnya Ibnu Umar. . . .

Hanya Allah sajalah yang tahu jika salah satu dari kalian ada yang berdusta, dan tidak ada jalan lain bagimu untuk menuntut istrimu. Kata suaminya; Wahai Rasulullah, bagaimanaah dengan hartaku? beliau menjawab: Kamu tidak dapat menuntutnya lagi karena kamu telah bersumpah. Jika sumpahmu benar, maka harta itu sebagai imbalan kehalalan kehormatannya bagimu, dan jika ternyata kamu yang dusta, maka harta tersebut akan semakin menjauh darimu. Dalam riwayatnya Zuhair mengatakan; Telah menceritakan . . .

Hanya Allahlah yang tahu salah seorang dari kalian yang berdusta, maka adakah dari kalian yang bertaubat?. Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Umar telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ayyub bahwa dia pernah mendengar Sa'id bin Jubair berkata; Saya bertanya kepada Ibnu Umar mengenai li'an, maka dia menyebutkan dari Nabi seperti hadits di atas. . . .

Nabi pernah memisahkan antara sepasang suami istri dari Bani Ajlan (yang saling . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.