Hadits Muslim » Kitab Qusamah, pemberontak, qishah dan diyat


Kitab » Qusamah, pemberontak, qishah dan diyat

Hadits Muslim No.3157 | Al Qasamah

Dahulukanlah yang lebih tua umurnya. Maka ia pun diam dan kedua saudaranya lalu angkat bicara. Keduanya menceritakan kepada beliau bahwa Abdullah bin Sahal telah terbunuh, lalu Rasulullah bertanya kepada mereka: Maukah kalian bersumpah lima puluh kali? Jika kalian mau bersumpah, maka kalian berhak menuntut balas atas kematian saudara kalian. Mereka menjawab, Bagaimana kami harus bersumpah, sedangkan kami tidak menyaksikan terjadinya pembunuhan itu. Rasulullah bersabda: Jika begitu maka . . .

Kitab » Qusamah, pemberontak, qishah dan diyat

Hadits Muslim No.3158 | Al Qasamah

Hendaknya yang paling tua di antara kalian yang angkat bicara terlebih dahulu. Atau beliau bersabda: Hendaknya yang paling tua yang mulai bicara. Lalu keduanya angkat bicara mengenai perkara saudaranya, lantas Rasulullah bersabda: Hendaknya lima puluh orang dari kalian bersumpah atas satu orang dari mereka (Yahudi), maka dia akan tertuduh. Mereka berkata, Perkara ini sama sekali belum pernah kami alami, bagaimana kami akan bersumpah? beliau bersabda: Jika demikian, maka orang-orang Yahudi akan . . .

Kitab » Qusamah, pemberontak, qishah dan diyat

Hadits Muslim No.3159 | Al Qasamah

Hendaknya kalian mengucapkan lima puluh kali sumpah, barulah kalian berhak (mengqishash) orang yang membunuh saudara kalian. Mereka berkata, Wahai Rasulullah, saat itu kami tidak menyaksikan pembunuhan tersebut. Busyair menyakini bahwa beliau menjawab: Jika demikian, maka orang Yahudi itu telah terbebas dari tuduhan kalian dengan lima puluh sumpahnya. Mereka berkata, Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin kami menerima sumpah kaum yang masih kafir? Busyair menyakini bahwa Rasulullah membayar . . .

Kitab » Qusamah, pemberontak, qishah dan diyat

Hadits Muslim No.3160 | Al Qasamah

Yang lebih besar, yang lebih besar. -(beliau menginginkan yang lebih tua) - Maka Huwayishah pun memulai pembicaraan, setelah itu baru Muhayishah yang angkat bicara. Lalu Rasulullah bersabda kepada mereka: Baiklah, kalian boleh meminta kepada orang-orang Yahudi untuk membayar diyat atau mereka kita perangi. Akhirnya Rasulullah mengirim surat kepada orang-orang Yahudi tentang hal itu, lalu mereka membalasnya, Demi Allah, kami benar-benar tidak membunuhnya. Maka Rasulullah bersabda kepada . . .

Kitab » Qusamah, pemberontak, qishah dan diyat

Hadits Muslim No.3161 | Al Qasamah

memberlakukan qasamah (sumpah atas tuduhan pembunuhan) seperti yang pernah terjadi pada masa jahiliyah. Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rafi' telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq dia berkata; telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab dengan sanad seperti ini, dengan tambahan, Lalu Rasulullah memutuskan perkara orang-orang Anshar mengenai kasus pembunuhan yang mereka tuduhkan kepada orang Yahudi sebagai pelakunya. Dan telah . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.