Hadits Nasa'i » Kitab Qussamah


Qosamah (limapuluh orang bersumpah untuk menghilangkan tuduhan membunuh) yang pertama kali dilakukan pada masa Jahiliyah adalah terhadap seorang dari Bani Hasyim yang mempekerjakan seorang Quraisy dari salah kabilah mereka. Ibnu Abbas berkata; Lalu dia pergi bersamanya mengendarai untanya, lalu lewatlah seseorang dari Bani Hasyim yang gagang bejananya yang terbuat dari kulit putus, dia berkata; Bantulah aku dengan tali agar aku bisa mengikat gagang bejanaku, unta itu tidak akan kabur. Lalu dia . . .

telah menetapkan qasamah sebagaimana yang terjadi pada zaman jahiliyah. . . .

Rasulullah menetapkannya sebagaimana yang terjadi pada zaman jahiliyah. Dan beliau memberikan keputusan dengannya terhadap orang-orang Anshar mengenai seseorang yang terbunuh dan mereka menuduh orang-orang Yahudi Khaibar yang melakukannya. Ma'mar menyelisihi keduanya. . . .

kemudian Rasulullah menetapkannya pada seorang anshar yang didapatkan dalam keadaan terbunuh di wilayah Yahudi, maka orang-orang Anshar berkata orang-orang Yahudi telah membunuh seorang sahabat . . .

Mereka membayar diyat sahabat kalian atau mereka mengumumkan peperangan? Kemudian Nabi menulis surat kepada mereka mengenai hal tersebut, lalu mereka membalas; Sesungguhnya kami demi Allah, tidak membunuhnya. Kemudian beliau bersabda kepada Huwayyishah dan Muhayyishah serta Abdur Rahman: Apakah kalian mau bersumpah dan berhak terhadap darah sahabat kalian? mereka berkata; Tidak. Beliau bersabda: Apakah kalian mau orang-orang Yahudi bersumpah kepada kalian? Mereka berkata; Mereka bukanlah . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.