Hadits Tirmidzi » Kitab Nadzar dan Sumpah


Tidak ada nadzar dalam bermaksiat, dan kafarahnya adalah kafarah sumpah. Ia berkata; Dalam bab ini ada hadits serupa dari Ibnu Umar, Jabir dan Imran bin Hushain. Abu Isa berkata; Ini adalah hadits yang tidak shahih, sebab Az Zuhri tidak mendengar hadits ini dari Abu Salamah. Ia berkata, Aku mendengar Muhammad berkata; Tidak hanya seorang yang telah meriwayatkan hadits ini, di antara mereka Musa bin Uqbah dan Ibnu Abu Atiq dari Az Zuhri dari Sulaiman bin Arqam dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu . . .

Tidak ada nadzar dalam bermaksiat kepada Allah, dan kafarahnya adalah kafarah sumpah. Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya gharib. Tetapi hadits ini lebih shahih dari hadits Abu Shafwan dari Yunus. Abu Shafwan sendiri adalah orang Makkah, namanya adalah Abdullah bin Sa'id bin Abdul Malik bin Marwan. Al Humaidi dan banyak ulama dari ahli hadits telah meriwayatkan darinya. Ada Sekelompok ulama` dari kalangan sahabat nabi dan selain mereka berkata, Tidak ada nadzar dalam bermaksiat kepada . . .

Barangsiapa bernadzar untuk taat kepada Allah hendaklah ia kerjakan dan barangsiapa bernadzar untuk bermaksiat kepada Allah maka janganlah ia kerjakan. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali Al Khallal berkata; telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Numair dari Ubaidullah bin Umar dari Thalhah bin Abdul Malik Al Aili dari Al Qasim bin Muhammad dari 'Aisyah dari Nabi , seperti hadits tersebut. Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya hasan shahih, Yahya bin Abu Katsir meriwayatkannya . . .

Seorang hamba tidak boleh bernadzar dengan sesuatu yang tidak ia miliki. Ia berkata, Dalam bab ini ada hadits serupa dari Abdullah bin Amru dan Imran Abu Isa Hushain. Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya hasan . . .

Kafarah nadzar yang belum ditentukan (bentuknya), maka kafarahnya adalah dengan kafarah yamin (sumpah). Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya hasan shahih . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.