Hadits Tirmidzi » Kitab Nikah


Empat hal yang termasuk sunnah para rasul: malu, memakai wewangian, siwak, dan nikah. (Abu Isa At Tirmidzi) berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari 'Utsman, Tsauban, Ibnu Mas'ud, Aisyah, Abdullah bin 'Amr, Abu Najih, Jabir dan 'Akkaf. Abu Isa berkata; Hadits Abu Ayyub merupakan hadits hasan gharib. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khidays Al Baghdad telah menceritakan kepada kami 'Abbad bin Al Awwam dari Al Hajjaj dari Makhul dari Abu Asy Syimal dari Abu Ayyub dari Nabi seperti . . .

Wahai para pemuda, menikahlah! Karena (nikah) itu lebih bisa menjaga pandangan dan kemaluan kalian. Barangsiapa yang belum mampu, berpuasalah. Sebab, puasa itu adalah perisai. Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits hasan sahih. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali Al Khallal, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari 'Umarah seperti di atas. Abu Isa berkata; Lebih dari satu orang meriwayatkan dari Al A'masy dengan sanad ini . . .

melarang membujang. Abu Isa berkata; Zaid bin Akhzam menambahkan dalam haditsnya, Qatadah membaca: Dan sesungguhnya kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. (Abu Isa At Tirmidzi) berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari Sa'ad, Anas bin Malik, Aisyah dan Ibnu Abbas. Abu Isa berkata; Hadits Samurah merupakan hadits hasan gharib. Al Asy'ats bin Abdul Malik meriwayatkan hadits ini dari Al Hasan dari Sa'id bin Hisyam dari Aisyah . . .

Rasulullah melarang 'Utsman bin Mazh'un untuk membujang. Jika saja beliau mengizinkanya, niscaya kami akan mengebiri diri kami. Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits hasan . . .

Jika seseorang melamar (anak perempuan dan kerabat) kalian, sedangkan kalian ridha agama dan akhlaknya (pelamar tersebut), maka nikahkanlah dia (dengan anak perempuan atau kerabat kalian). Jika tidak, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar. (Abu Isa At Tirmidzi) berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari Abu Hatim Al Muzani dan Aisyah. Abu Isa berkata; Tentang hadits Abu Hurairah, Abdul Hamid bin Sulaiman menyelisihi hadits ini. Laits bin Sa'ad meriwayatkannya dari . . .


LOAD MORE


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.