Indeks Hadits » Mu'amalat

Result » 502 Hadits

Apakah kalian takut kepada kemiskinan? Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh akan diberikan kepada kalian dunia, hingga hati salah seorang dari kalian tidak bisa berpaling kecuali akan menemuinya. Sungguh, telah aku tinggalkan untuk kalian perkara terang benderang, malam dan siangnya sama. Abu Darda` berkata; Demi Allah benar, Rasulullah telah meniggalkan bagi kita perkara yang terang benderang, malam dan siangnya . . .

Airilah (kebunmu) wahai Zubair, setelah itu Alirkan air tersebut untuk tetanggamu. Tetapi orang Anshar tersebut marah seraya berkata; Ya Rasulullah, apakah karena dia anak pamanmu? Maka berubahlah wajah Rasulullah , lalu beliau bersabda: Hai Zubair, airilah (kebunmu), setelah itu tahan airnya agar ia kembali ke asalnya. Abdullah bin Zubair berkata; Maka Zubair berkata: Demi Allah saya mengira bahwa ayat ini turun dalam kejadian tersebut: Maka demi Rabbmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman . . .

Janganlah kalian menjual emas dengan emas kecuali sebanding, tidak ada kelebihan dan tidak ada penangguhan antara keduanya. Mu'awiyah berkata kepadanya; Wahai Abul Walid saya tidak memandang riba dalam transaksi ini, kecuali dalam penangguhannya! Ubadah menjawab; Aku sampaikan kepadamu hadits dari Rasulullah , namun engkau berpendapat dengan pandanganmu sendiri. Sungguh, sekiranya Allah mengeluarkanku, maka aku tidak akan tinggal di wilayah kekuasaanmu meski aku di bawah perintahmu. Ketika . . .

sesungguhnya sebaik-baik perkara adalah Kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan, dan setiap bid'ah adalah sesat. Dan beliau selalu bersabda: Barangsiapa meninggalkan harta, maka bagi ahli warisnya. Dan barang siapa meninggalkan hutang atau amanah maka akulah yang . . .

Apakah kalian merasa tertarik dengannya? Mereka menjawab; Benar ya Rasulullah! beliau bersabda: Demi jiwaku yang berada dalam genggaman Tangan-Nya, sungguh sapu tangan Sa'd bin Mu'adz di surga lebih baik dari ini. . . .


LOAD MORE




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.